Wisata indonesia Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Masjid Sejarah | Wisata Indonesia

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Masjid Penuh Sejarah

Erawisata.comMasjid Gedhe Kauman Yogyakarta merupakan masjid yang dibangun diatas tanah keraton Yogyakarta walaupun tanahnya sudah SHM dan Masjid Gedhe Kauman tepatnya berada di sebelah barat dari Alun Alun utara dan juga berada di sebelah barat daya keraton Yogyakarta dan lebih tepatnya berada di kampung kauman, kelurahan ngupasan, gondomanan, kota Yogyakarta. bisa dibilang bahwa Masjid Gedhe Kauman masih dalam satu kesatuan dengan keraton Yogyakarta. Masjid Gedhe Kauman juga biasa disebut dengan nama lain seperti Masjid Agung Yogyakarta.

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta yang juga mempunyai nama Masjid Agung, Masjid Besar dan hingga saat ini menjadi masjid Raya Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri dibangun diatas tanah seluas 16000 meter persegi dengan luas bangunan masjid hingga 2578 meter persegi yang dapat menampung jamaah hingga 1500 jamaah. Masjid Gedhe Kauman merupakan objek wisata religi atau keagamaan karena masjid Gede ini dibangun pada tahun 1773 masehi yang pembangunannya diprakarsai sendiri oleh Sri sultan Hamengkubuwono 1. Wisata Indonesia Surga Dunia

Masjid Gede Yogyakarta

Masjid Gede Kauman Yogyakarta, Masjid Dengan sejarah Berdirinya Republik Indonesia

Sejarah Pembangunan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta
Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta dibangun atas prakarsa 2 tokoh jogja, Sri Sultan Hamengkubuwono 1 dan juga Kiai Faqih Ibrahim Diponingrat serta pembangunannya dserahkan oleh kiai Wiryokusumo yang saat itu merupakan tokoh yang sangat tersohor dalam bidang arsitek bahkan hingga saat ini maket pembangunan masjid masih tersimpan rapi di kraton yogyakarta.

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta dibangun pada 29 mei 1773 masehi, namun seiring membludaknya jama’ah yang sholat di masjid gede maka pada tahun 1775 bangunan masjid diperluas dengan menambahkan serambi guna untuk mengantisipasi melubernya jama’ah apalagi saat dilaksanakannya sholat Jum’at. dan dengan dibangunnya serambi masjid juga di fungsikan sebagai tempat pertemuan ulama, pengajian, pernikahan, perceraian dan juga tempat pengadilan masalah agama.

Pada saat pembangunan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta tidak memiliki gerbang dan pada pemerintahan Sri sultan hamengkubuwono V, baru dibangun gerbang yang hingga saat ini masih kokoh berdiri dan berarti sudah berselang 67 tahun sejak pembangunan pertama oleh sri sultan Hamengkubuwono pertama.

Masjid Agung Yogyakarta

Fasilitas Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta
Pihak Masjid Agung kauman juga memberikan fasilitas yang cukup memadai seperti area parkir, tempat penitipan sepatu dan sandal, Kamar mandi, Radio dakwah, perpustakaan, kantor sekertariat, multimedia dan masih banyak fasilitas yang lainnya. dan bagi anda yang menggunakan sepeda maupun motor anda bisa memarkirnya di area dalam masjid dengan lewat jalur selatan sedangkan yang membawa mobil maupun bis anda bisa memarkir didepan pintu gerbang Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

Kegiatan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta
Selain digunakan buat sholat berjamaah, Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta juga digunakan untuk banyak kegiatan seperti pemberdayaan zakat, infaq dan shodaqoh, koperasi masjid, pengajian rutin, tabliq akbar dan juga ada kegiatan TPA dan kegiatan belajar masyarakat.

Rute menuju Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta
Untuk dapat sampai ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta tidaklah terlalu sulit, dikarenakan lokasinya bersebalahan dengan Keraton Yogyakarta serta berjarak tidak terlalu jauh berada disebelah selatan dengan berbagai pusat wisata yogyakarta seperti Gedung Agung Yogyakarta, Jalan Malioboro, Benteng Vredeburg, Taman Pintar.

Alamat Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta
Jl Kauman Alun-Alun Keraton Yogyakarta
Gondomanan, Yogyakarta.
Tlp: 0-274 373622

Sumber Gambar: Team Erawisata.com
<     –  >  Artikel: http://simbi.kemenag.go.id/

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Masjid Penuh Sejarah | Penulis: Dev | 4.5