20 Tempat Wisata di Solo Hits populer dan kekinian

Tempat wisata di Solo – Surakarta atau masyarakat lebih menyebutnya dengan solo merupakan daerah yang di khususkan sama halnya dengan yogyakarta, karena berdirinya 2 keraton yang masih sama sama mempunyai hubungan darah ini yang awalnya berada di kotagede. hingga akhirnya terpecah menjadi 2 keraton.

Tempat Wisata di Solo
Credit Foto: Agoda.com

Setelah sebelumnya kita sudah membahas Tempat wisata dikabupaten Sragen dan juga Objek wisata di kabupaten wonogiri, kali ini kami akan membahas beberapa tempat wisata di solo. kalian bisa memilih tempat wisata mana yang sangat pas buat liburan anda beserta keluarga atau rombongan bersama teman-teman terbaik.

Daftar Tempat Wisata di Solo Hits

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Credit Foto: Erawisata.com

Pertama yang kita bahas adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, keraton yang berada di tengah kota surakarta ini merupakan peninggalan kerajaan mataram yang beribukota di Kotagede, namun karena terjadinya dualisme raja maka kerajaan ini terpecah dengan adanya perjanjian Giyanti, menjadi keraton kesultanan ngayogyokarto hadiningrat di Yogyakarta serta keraton kasunanan di surakarta atau solo

Bila anda ingin berkunjung ke keraton kasunanan surakarta anda bisa langsung menuju Jalan Mangkubumen Sasono Mulyo, Kota surakarta, Jawa Tengah.

Alamat: Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah – Maps
Jam Buka: 08.00 – 16.00
No Telp: (0271) 711435

2. Masjid Agung Keraton Surakarta

mesjid agung Surakarta

Mesjid Agung Keraton Surakarta atau juga mesjid ageng karaton surakarta merupakan masjid peninggalan keraton , bangunan buat sembahyang umat islam ini dibangun saat pemerintahan raja pakubuwono ke III tepatnya pada tahun 1763 masehi, dan masjid ini merupakan bangunan resmi resmi keraton dan juga dibuat untuk kegiatan resmi keraton seperti grebeg suro, sekaten.

Lokasi Mesjid ageng keraton surakarta sangat dekat sekali dengan keraton surakarta yakni di sebelah barat daya, atau juga di sebelah utara pasar klewer.  biasanya para pengunjung keraton surakarta saat masuk waktu sholat banyak yang menyempatkan sholat sambil beristirahat di masjid ini. begitu pula dengan para pedagang dan juga para pembeli yang datang dari luar kota.

Alamat: Great Mosque Street No.1, Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah – Maps
Jam Buka: 24 jam
No Telp: (0271) 643363

3. Istana Mangkunegaran

Pura Pakualaman
Pura Pakualaman

Istana Mangkunegaran merupakan istana yang di bangun pada tahun 1757 pada saat setelah terjadinya perjanjian salatiga dan perjanjian tersebut ditandatangani oleh Raden mas said, pangeran mangkubumi dan pakubuwono beserta VOC. dan raden mas said diangkat menjadi pangeran adipati.

Bila anda ingin berkunjung ke lokasi istana mangkunegaran atau juga biasa disebut dengan pura mangkunegaran anda bisa langsung meluncur ke Jl Ronggowarsiti, keprabon, Banjarsari, kota surakarta.

Alamat: Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 08.00 – 15.00

4. Museum Keraton Surakarta

Museum Keraton Solo merupakan museum yang menyimpan banyak benda benda bersejarah, seperti barang peninggalan keraton kasunanan, benda fragmen candi yang ditemukan di jawa tengah, dan peninggalan keraton kasunanan antara lain berupa senjata senjata kuno, peralatan kesenian, kereta kencana, topi kebesaran paku buwono dan masih banyak lagi koleksi museum keraton solo.

Bila anda ingin berkunjung ke museum keraton solo anda tidak akan bingung karena letak museum berada di dalam keraton kasunanan surakarta.

5. Museum Keris Nusantara

Museum Keris Nusantara
Museum Keris Nusantara

Museum keris yang ada di solo merupakan tempat penyimpanan koleksi senjata tradisional dari berbagai daerah se nusantara raya, malaupun lebih dominan dari pulau saja, terlebih banyak adalah kerin dan juga tombak diperkirakan ada sekitar 400 an senjata.

Bangunan yang menyimpan koleksi benda sejarah ini menampilkan sebuah peninggalan warisan budaya dengan nilai seni yang tinggi, jika anda tertarik datang ke museum keris solo anda bisa langsung menuju ke jalan bhayangkara no 2 sriwedari, laweyan, kota surakarta.

Alamat: Jl. Bhayangkara No.2, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 09.00 – 15.00

6. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka
Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka merupakan museum yang menyimpan benda benda purbakala, baik masa prasejarah maupun jaman belanda, seperti arca, pusaka adat, buku kuno dan juga wayang kulit, berbeda dengan kebanyakan museum yang dikelola oleh dinas pariwisata, bangunan buat menyimpan benda sejarah ini dikelola oleh yayasan secara mandiri.

Bangunan yang menyimpan benda sejarah ini di dirikan oleh Kanjeng Raden adipati sostrodiningrat ke IV saat pemerintahan pakubuwono yang ke IX, awalnya museum ini didirikan di dalem kepatihan dan pada 1913 dipindahkan ke tempat yang sekarang di jalan Brigjen Slamet Riyadi, sriwedari, laweyan kota surakarta.

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 09.00 – 15.00

7. Jurug Solo Zoo

Jurug Solo Zoo
Credit Foto: Asiyah Kurnia

Kebun Binatang Jurug Surakarta atau juga dikenal dengan nama Taman satwa Taru Jurug merupakan Kebun binatang satu satunya yang ada di kabupaten surakarta, kebun binatang jurug berlokasi yang sangat berdekatan dengan kabupaten karanganyar, bonbin ini dibangun pada tahun 1878, bisa dipastikan bahwa taman buat hewan ini dibangun pada masa kolonial.

Kurangnya pengelolaan yang profesional menjadikan kebun binatang jurug seperti kehilangan pamor, padahal dahulu merupakan tujuan utama objek wisata di surakarta, letaknya berada di pinggir jalan utama surakarta – karanganyar, tepatnya berada di jalan ir sutami no 109 Jebres, kota surakarta.

Alamat: Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 08.00 – 16.00

8. Taman Balekambang Surakarta

Taman Balekambang Surakarta
Credit Foto: Risma Risma

Taman balekambang merupakan taman yang sebenarnya di peruntukkan bagi 2 putri keraton dan tidak di buka untuk umum, namun saat ini lokasi tersebut sudah dibuka untuk khalayak umum, lokasi wisata ini lebih mirip dengan hutan kota karena di dalamnya terdapat hutan buatan dengan tanaman langka dan juga terdapat kolamnya dan tidak ketinggalan ada juga permainan

Hutan kota ini mempunyai luas area sekitar 9.8 hektar dan bila anda tertarik untuk datang ke taman balekambang anda bisa langsung menuju ke Jalan Balekambang no 1 manahan, banjarsari kota surakarta.

Alamat: Jl. Balekambang, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 07.00 – 17.00

9. Taman Sriwedari Surakarta

Taman Sriwedari Surakarta
Taman Sriwedari Surakarta

Taman sriwedari merupakan taman yang dibangun saat pemerintahan Pakubuwono X dan diarea dalam taman terdapat gedung wayang orang sriwedari, yang biasa diadakan acara pertunjukan wayang orang yang lebih banyak menyajikan cerita dari ramayana dan mahabarata.

Bila anda berminta datang kelokasi taman sriwedari anda bisa langsung datang ke jalan Brigjen slamet riyadi no 275, sriwedari, laweyan kota surakarta. jadi apakah kalian tertarik buat liburan ke salah satu taman yang cukup meriah ini.

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 24 jam

10. Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional
Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional merupakan bangunan yang terdiri atas monumen sekaligus sebagai museum, bedanya dengan museum lainnya yang menyimpan benda benda zaman dulu, kalau monumen pers nasional digunakan sebagai tempat menyimpan majalah dan juga surat kabar dari zaman dulu hingga saat ini dan jumlahnya sudah mencapai jutaan.

Bila anda ingin melihat koleksi lengkap majalah sekaligus surat kabar zaman kolonial anda bisa datang ke Jalan gajah mada no 76, timuran banjarsari, kota surakarta.

Alamat: Jl. Gajahmada No.59, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 09.00 – 15.00

11. Monumen 45 Banjarsari 

Monumen 45 banjarsari
Credit Foto: Merry Natri

Monumen 45 banjarsari merupakan salah satu monumen yang di bangun buat mengenang perjuangan para pahlawan. di lengkapi dengan taman yang menawan serta ada beberapa fasilitas bermain buat anak-anak, serta ada kamar kecil dan juga mushola.

Monumen 45 banjarsari yang dibangun sejak 1973 untuk memperingati serangan 4 hari di Surakarta. setelah direnovasi dan ditata kembali sekarang menjadi taman tengah kota yg asri cocok utk tempat bersantai. banyak permainan anak-anak yang lumayan terawat dan kolam ikan.

Alamat: Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 24 jam

15. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg merupakan bangunan bersejarah yang ada di kota surakarta, benteng yang merupakan peninggalan penjajah belanda, benteng yang berada di gladak, surakarta, Benteng Vastenburg mempunyai bentuk bujur sangkar dan di bangun pada 1700 an. dibangun pada saat pemerintahan Jendral Baron van Imhoffa

Bila anda tertarik untuk mengunjungi Benteng Vastenburg sisa belanda ini anda bisa datang ke kedung lumbu, pasarkliwon, kota surakarta. bahkan benteng ini sesekali digunakan untuk konser dan juga festival.

Alamat: Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: –

16. Taman Cerdas Kelurahan Jebres

Taman Cerdas Surakarta
Taman Cerdas

Taman Cerdas Kelurahan Jebres merupakan taman yang dibangun pada tahun 2014, memberikan beberapa fasilitas yang dibutuhkan buat refresing, dibangun dengan luas area sekitar 3000 meter persegi ini memberikan beberapa fasilitas antara lain ruang perpustakaan, studio konata, gedung orange edukasi.

Bila anda tertarik mengajak putra putri anda berkunjung ke Taman Cerdas Kelurahan Jebres maka tidak perlu bingung karena letaknya yang mudah di jangkau, berada di utara kampus UNS.

Alamat: Jl. Ki Hajar Dewantara RT02 RW25, Jebres, Jl. Surya I Tengah No.25, RT.03/RW.25, Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 09.00 – 21.00

17. Loji Gandrung

Loji Gandrung
Credit Foto: Surya Wibisana

Loji Gandrung merupakan salah satu bangunan peninggalan sejarah masa lalu dan saat ini bangunan tersebut di gunakan sebagai rumah dinas walikota solo. lokasinya berada di jalan slamet riyadi.

Bagi pengunjung bisa mendatangi tempat ini saat hari minggu, lebih tepatnya saat car free day, bangunan ini terbuka buat umum buat di kunjungi. Bangunan besar dengan beberapa patung menghiasi mulai halaman sampai teras gedung. Ada tokoh wayang, ada tokoh bangsa. Di terasnya juga terdapat satu set gamelan.

Alamat: Jl. Slamet Riyadi, Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 08.00 – 16.00

18. Museum Batik Danar Hadi

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 09.00 – 17.00

19. Gedung Wayang Orang Sriwedari

Alamat: Jl. Kebangkitan Nasional No.15, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 19.00 – 23.00

20. Tumurun Private Museum

Alamat: Jl. Kebangkitan Nasional No.2, RW.4, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: 12.00 – 16.00

Tentunya masih banyak sekali lho bro tempat wisata di solo yang keren dan populer, namun saat ini kami hanya akan menyajikan 20 lokasi berlibur saja yang saat ini sedang hits dan banyak viewnya atau banyak pengunjungnya. silahkan bagi anda yang minat buat berkunjung.


Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.