Monumen Soerjo Ngawi Sejarah Taman Hingga Misteri

   

Monumen Soerjo Ngawi dibangun untuk menghormati jasa jasa dari Gubernur pertama provinsi Jawa Timur, gubenur suryo. Gubenur Suryo meninggal dalam sebuah insiden kerusuhan komunis yang terjadi pada tahun 1948.

Monumen Soerjo Ngawi
Credit Foto: Rasiyem 13

Awal kejadian bermula Pada bulan November 1948, saat Presiden Soekarno memanggil semua gubernur dari provinsi untuk bertemu di Yogyakarta, yang pada waktu itu Yogyakarta masih menjadi ibu kota Republik Indonesia.
Saat Gubenur Suryo dalam perjalanan pulang untuk kembali ke Surabaya,saat rombongan sampai di Dukuh Bago Desa Kedungalar,Kabupaten Ngawi, Gubenur Suryo beserta para rombongan dihadang oleh segerombolan pengikut Komunis.

Baca: 25 Tempat Wisata Di Ngawi Yang Hits Dan Populer

Beliau beserta rombongan dipaksa untuk memasuki area hutan. saat beliau dan rombongan Tepat berada di tengah hutan Ngawi Kedungalar, beliau bersama dengan rombongan di bunuh dengan tanpa belas kasihan. Di sekitar tempat pembantaian Gubenur Suryo beserta Rombongan ini sekarang telah dibangun sebuah monumen untuk mengenang jasa jasa beliau dan juga untuk mengenang kebiadaban Komunis, Lokasi Monumen juga cukup strategis, letaknya antara hutan kayu jati dan juga hutan kayu mahoni

Baca: 20 Tempat Makan enak di Ngawi hits dan populer

Di sekitar Monumen Soerjo ngawi ini juga banyak menawarkan sebuah keindahan panorama alam di sekitar Objek wisata dan di sekitar lokasi Monumen Suryoo juga telah di tanami beberapa tanaman untuk menandai 23 jenis tanaman langka yang dilindungi Ada juga jenis burung yang dikembangbiakkan .

Untuk kenyamanan para pengunjung Wana wisata di sekitar Monumen, pihak pengelola monumen dari Perum Perhutani Ngawi juga telah membuat banyak fasilitas yang telah disediakan.antara lain ruang informasi, mushola dan juga sebuah pendopo untuk beristirahat dan tidak lupa juga sebuah tempat bermain bagi anak-anak.

Tepat berada di sebelah barat Wana Wisata terdapat sebuah pasar burung dan ada juga hewan yang lain, harga burung di pasar tersebut sangat murah,bahkan banyak pedagang yang datang untuk membeli burung di pasar sekitar monumen datang dari luar kota ngawi, ada yang untuk koleksi pribadi maupun untuk di jual lagi di luar daerah ngawi.Wisata Indonesia

Rute Menuju Monumen Soerjo

Rute untuk bisa sampai ke area monumen suryo cukup mudah untuk di jangkau,karena letak Monumen suryo yang berada di pinggir jalan utama Ngawi-Sragen.

Lokasi Monumen

Alamat: Jalan Raya Solo-Ngawi, Banjarejo, Pelang Lor, Tambakselo Barat, Pelang Lor, Kec. Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63254 – Maps Lokasi