Destinasi Tempat Wisata di Aceh Besar yang bisa dijelajahi


Pesona Tempat wisata di kabupaten aceh besar cukup beragam baik wisata alam, wisata pantai, air terjun, taman wisata dan juga tidak ketinggalan desa wisata yang bisa di kunjungi, apalagi saat musim libur tiba, kabupaten aceh besar beribukota Jantho yang berada di pegunungan seulawah. Kabupaten Aceh besar berbatasan dengan kabupaten pidie di sebelah tenggara dan selatan, disebelah utara berbatasan dengan kota banda aceh sedangkan di sebelah barat daya berbatasan dengan kabupaten aceh jaya.

rumah cut nyak dhien
rumah cut nyak dhien

Tempat Wisata sejarah di aceh besar juga ada seperti rumah pahlawan nasional Cut Nyak dien, masjid purbakala indrapuri, kuta indra Patra, perpustakaan kuno tanoh abee, rumoh teunun nyak mu, Benteng Sultan iskandar muda dan juga makam Laksamana malahayati.

Selain tempat wisata sejarah juga terdapat objek wisata pantai di aceh besar seperti pantai Lhok Nga, pantai Lam Pu’uk, Pantai Ujong Batee, Pantai Lhok Me dan juga pantai Lhok Seudu.

Tempat wisata di aceh besar juga ada air terjun yang bisa dijadikan tujuan wisata akhir pekan seperti Air terjun Sihom, Air terjun Kuta malaka, air terjun peukan biluy, Air terjun Peucari Jantho dan masih banyak wisata lainnya.

Setelah sebelumnya kita sudah membahas Destinasi Tempat wisata di Kabupaten aceh jaya dan juga Tempat wisata di Kabupaten Pidie maka kali ini kami akan membahas Destinasi Tempat wisata di Aceh Besar.

1. Rumah Cut Nyak Dhien

rumah cut nyak dhien
rumah cut nyak dhien

Rumah cut nyak Dhien atau biasa di sebut juga dengan cut nyak dien merupakan rumah peninggalan seorang pahlawan nasional perempuan yang berasal dari nangroe aceh darusallam, rumah cuk nyak dhien yang sekarang bukan rumah asli yang pertama kali di bangun oleh beliau, namun sudah bangunan baru, karena rumah aslinya sudah dibakar oleh pihak belanda.

Rumah yang sekarang berdiri merupakan bangunan yang dibangun pada tahun 1981 hingga 1982 dan dibangun sebagai museum data sejarah cut nyak dhien beserta teuku umar suaminya. dan juga sudah dilengkapi denga ruang perpustakaan. museum rumah cut nyak dhien berada di Lampisan, peukan Bada, kabupaten aceh besar.

2. Benteng Indra Patra

benteng indra patra
benteng indra patra

Benteng Indra Patra merupakan Benteng yang di bangun pada abad VII Masehi dan dibangun pada masa pemerintahan kerajaan Lamuri yang saat itu merupakan kerajaan hindu pertama di aceh dan hingga kini benteng Indra Patra tetap berdiri kokoh, awal mula dibangun benteng ini adalah untuk melindungi rakyat kerajaan Lamuri dari serangan meriam penjajah portugis.

Benteng Indra Patra juga digunakan saat islam sudah berkembang di aceh dan digunakan berjuang saat pemerintahan sultan iskandar muda dengan kerajaannya aceh darussalam. lokasi benteng indra patra berada sekitar 19 KM dari kota banda aceh dan beralamat di Krueng Raya, Baet, Baitussalam, kabupaten aceh besar.

3. Masjid Tua Indrapuri

Masjid Tua Indrapuri Aceh Besar
Wikipedia

Masjid Tua Indrapuri merupakan masjid yang awal mula merupakan candi Indrapuri yang dikhususkan bagi umat hindu, yang dibangun pada masa kerajaan hindu lamuri, candi yang dibangun pada masa abad ke 12 Masehi, setelah adanya kerjasama kerajaan lamuri dengan meurah johan sang pangeran dari lingga untuk membrantas pasukan bajak laut dari cina oleh karenanya islam dengan sangat cepat masuk ke kerajaan lamuri.

Candi Indrapuri yang berdiri diarea seluas 33.875 meter dan berada tidak jauh dari tepi sungai krueng aceh saat masuknya agama islam dirubah fungsi sebagai masjid. Lokasi masjid tua indrapuri berada di Indrapuri Aceh besar.

4. Makam Laksamana Malahayati

makam laksamana keumala hayati
makam malahayati
Laksamana Keumala Hayati atau biasa di kenal dengan Laksamana Malahayati merupakan panglima angkatan laut wanita pertama pada pemerintahan kesultanan aceh yang saat itu dipimpin oleh sultan iskandar muda, Laksamana Malahayati yang saat itu merupakan tokoh penting kesultanan pada 1585 hingga 1604 mesehi dan juga seorang ahli politik dan saat ini sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh presiden jokowi.

Lokasi makam Laksamana Malahayati berada di atas bukit dan berada sekitar 32 kilometer dari kota banda aceh, atau tepatnya berada di desa Lamreh, kecamatan mesjid raya , kabupaten aceh besar.

5. Perpustakaan Kuno Tanoh Abee

6. Rumoh Teunun Nyak mu

7. Pantai Saney

8. Pantai Lhok Paroy

9. Pantai Lampuuk

10.Pantai Penyu

11.Pantai Pasir putih Lhok Mee

12.Pantai Kuala Leupung

13.Lhok Keutapang Raya

14.Lhok Mata le Ujong Pancu

15.Pantai Ujung Batee

16.Air Terjun Kuta Malaka

17.Air Terjun Peucari Jantho

18.Desa Wisata Lubuk Sukon

19.Taman Wisata burung dara

20.Wahana Impian malaka

21.Air terjun Seuhom

22.Bukit Lamreh

23.Kubah Mesjid sisa tsunami

24.Air Terjun Pekan Biliu

25.Pemandian Air panas aceh besar

26.Taman Rusa Lam Tanjong