20 Tempat Wisata di Ponorogo yang wajib di kunjungi

  

Tempat Wisata di Ponorogo – Destinasi Pesona wisata serta ragam wisata di kabupaten Ponorogo yang berjuluk Kota Reyog.  Kabupaten Ponorogo merupakan Kabupaten yang masuk wilayah Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Ponorogo berada di ujung Barat Jawa Timur yang langsung berbatasan dengan Jawa Tengah.

Tempat Wisata di Ponorogo
Tempat Wisata di Ponorogo

Kabupaten Ponorogo berada di Sebelah Barat dari Kabupaten Trenggalek, Sebelah Utara Kabupaten Pacitan, Sebelah Selatan Kabupaten Madiun dan juga berada di sebelah Timur dari Kabupaten Wonogiri yang masuk wilayah Provinsi Jawa Tengah. dan saat ini kami akan membahas 25 Tempat Wisata di Ponorogo yang sedang hits.

Kabupaten Ponorogo merupakan Kabupaten yang terkenal dengan kesenian Reyog/ Reog. dan juga dijuluki dengan Bumi Reyog/Reog. Ponorogo sendiri berasal dari kata Pramana dan juga raga dan Pramana sendiri mempunyai makna Daya Kekuatan sedang Raga yang berarti badan, dari Kedua kata tersebut bisa diartikan bahwa di balik badan manusia tersimpan suatu rahasia hidup.

Baca Juga: 20 Tempat Makan di Ponorogo yang sedang Hits

Kabupaten Ponorogo mempunyai sejarah yang tidak lepas dari Seorang Raden yang bernama Bathoro Katong, awalnya Raden Katong datang ke Wilayah Wengker dan saat itu wilayah tersebut dipimpin oleh Suryo Ngalam, dan pelan tapi pasti Raden Katong mendapat kepercayaan Suryo Ngalam dan dapat mendirikan Kadipaten dan diberi nama Kadipaten Ponorogo yang berdiri pada 11 Agustus 1496.

Kabupaten Ponorogo juga banyak menyimpan Objek Wisata baik Wisata Sejarah, Wisata Alam, Wisata religius dan masih banyak lagi objek wisata yang lain selain itu juga banyak tempat makan di ponorogo terbaik yang akan membuat anda balik lagi ke sini. dan semuan ini kami sajikan dalam 25 Tempat Wisata di Ponorogo.

Daftar Tempat wisata di Ponorogo yang hits

1. Telaga Ngebel Ponorogo

Foto: Erawisata.com

Objek Wisata Telaga ngebel atau bisa juga di sebut dengan danau ngebel merupakan danau alami yang letaknya berada di kecamatan ngebel, dan telaga ngebel merupakan objek wisata alam yang paling menonjol di kabupaten ponorogo dibanding dengan objek wisata yang lainnya. Telaga Ngebel berada di lereng kaki gunung Wilis. dengan ketinggian danau mencapai 734 meter diatas permukaan laut. Telaga Ngebel mempunyai luas sekitar 5 Km. dan jika anda ingin melihat indahnya Telaga ngebel anda bisa menuju arah timur kota ponorogo dengan jarak sekitar 30 Km.

Tempat wisata Telaga Ngebel yang asri, sejuk, telaganya Masih sangat alami Dan Banyak pedagang durian dengan harga yg murah, saat musim durian. Lokasi telaga mudah dijangkau baik itu dengan kendaraan roda 2 atau juga dengan roda empat dan juga kondisi jalannya sudah cukup bagus. di area telaga juga terdapat fasilitas seperti fastboat, sepeda air bebek dan perahu dengan biaya tambahan.

Alamat Telaga Ngebel Ponorogo: Telaga Ngebel, Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur – Maps

2. Taman Wisata Ngembag Ponorogo

Objek Wisata taman Wisata Ngembag merupakan taman yang terdiri dari sumber air yang telah dilengkapi sebuah taman bermain dan juga sebuah kolam renang khususnya buat anak-anak. Taman wisata ngembak awal mulanya adalah sebuah sumber mata air yang sangat tidak terawat dan karenanya oleh pemkab ponorogo di rubah menjadi sebuat taman wisata yang saat ini mulai ramai. bertempat di kelurahan Ronowijayan kecamatan siman dan berjarak sekitar 3 Km sebelah timur kota ponorogo.

Taman Wisata Ngembag Ponorogo merupakan tempat wisata Alternatif untuk wisata murah bagi keluarga, kolam renang dan kebun binatang mini serta permainan anak. Rindang dan cukup bersih

Alamat Taman Wisata Ngembag: Jl. Halim Perdana Kusuma, Ronowijayan, Kec. Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63471 – Maps Lokasi
Jam Buka: 07.00 – 17.00

3. Mloko Sewu

Credit Foto: Nani Lita

Mloko sewu merupakan salah satu tempat wisata di ketinggian yang ada di ponorogo, menyajikan keindahan alam kota reog, lokasinya tidak begitu jauh dengan kawasan wisata telaga ngebel. sangat cocok buat liburan akhir pekan bersama keluarga atau juga sahabat.

Tempatnya sangat bagus, asri nan sejuk, lokasinya tertata cukup rapi, untuk bisa masuk lokasi kita diharuskan membayar tiket lagi jadi tidak terusan dengan tiket masuk telaga ngebel. spot disini ada pintu langit, bukit biintang, ayunan langit, perahu langit dan masih banyak yang lainnya.

Alamat: Prumbon, Pupus, Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63493
Jam Buka: 09.00 – 18.00
No Telp: 082190775700

4. Masjid Tegalsari / Makam Kyai Muhammad Besari

Credit Foto: Maps

Wisata Religi masjid Tegalsari dibangun sekitar abad XVII oleh Kyai Ageng Hasan Besari. Masjid Tegalsari merupakan salah satu pondok pesantren tertua yang ada di indonesia dan merupakan cikal bakal pondok pesantren di indonesia. Masjid tegalsari dibangun dengan arsitektur jawa dan mempunyai tiang penyangga sekitar 36 Tiang. Masjid Tegalsari berada di kecamatan Jetis Ponorogo atau berada di sebelah selatan kota ponorogo.

Selain masjid disekitarnya juga sangat ramai orang yang berziarah kemakam pendirinya yakni makam agung kyai ageng muhammad besari yang merupakan ulama besar pada zamannya.  dan akan cukup ramai bila datang saat malam jum’at dan juga saat bulan ramadhan tiba untuk mengunjungi makam Kiai Ageng Muhammad Besari sang pendiri masjid tegalsari.

Alamat: Jinontro, Tegalsari, Jetis, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63473 – Maps Lokasi
Jam Buka: 24 Jam

5. Air Terjun Juruk Klenteng Ponorogo

Objek wisata Air terjun Juruk Klenteng atau biasa dikenal juga dengan nama air terjun Tumpuk merupakan air terjun yang berada di Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Air terjun Juruk klenteng ini berlokasi di perbatasan Ponorogo dan kabupaten Trenggalek.

Menurut cerita air terjun ini Dinamakan air terjun Juruk Klenteng karena tempat air terjun yang menjuruk kedalam dan juga dihimpit oleh dua tebing gunung bebatuan. Air terjun Juruk Klenteng mempunyai ketinggian sekitar 45 meter. sedangkan pada bagian bawah air terjun Juruk Klenteng terdapat sebuah sendang yang airnya terlihat nampak hijau yang disebut kedung.

Alamat Air Terjun Klentheng berada di Salam, Desa, Salam, Tumpuk, Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63475 – Maps Lokasi
Jam Buka: 24 Jam

6.Gua Lowo

Objek wisata alam Gua Lowo sampung ponorogo merupakan salah satu Objek wisata Gua yang berada di kabupaten ponorogo, Gua tersebut dinamakan Gua Lowo karena banyak dihuni oleh kelelawar atau Lowo. Kelelawar yang hidup di dalam gua ini hidup bebas dan kelelawar di gua tersebut tidak mengganggu kehidupan masyarakat setempat.

Dalam lokasi gua Lowo sampung juga ditemukan situs arkeologi yang memiliki nilai arkeologis tinggi. Lingkungan sekitar gua ini sangat alami dan dikelilingi oleh pepohonan dan batu-batuan. Gua Lowo berada di Kecamatan Sampung, sekitar 20 km dari pusat kota Ponorogo

Alamat Gua Lowo sampung: Boworejo, Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63454 – Maps Lokasi
Jam Buka: 09.00 – 20.00

7. Hutan Wisata Kucur

Objek wisata Hutan wisata Kucur atau juga biasa di sebut dengan taman wisata Kucur merupakan hutan wisata yang terletak di Kecamatan Badegan, sekitar 20 km ke barat. di tengah hutan jati yang juga berfungsi sebagai taman nasional dan tempat perkemahan ini terdapat sebuat taman air atau masyarakat sekitar menamakan dengan kucur.

Lokasi Hutan wisata kucur berada di area yang sangat strategis, yang berada di antara jalan provinsi Jawa Timur dan juga Jawa Tengah, taman wisata Kucur sering menjadi tempat beristirahat bagi siapa saja yang melakukan perjalanan.

Alamat Hutan Wisata Kucur Badegan: Hutan Negara, Badegan, Hutan, Hutan Negara, Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63455 – Maps Lokasi
Jam Buka: 24 jam

8. Air Terjun Toyomerto

Objek wisata Air Terjun Toyomerto atau bisa juga di sebut dengan Air terjun Selorejo merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di kabupaten ponorogo. untuk bisa menuju area lokasi air terjun toyomerto ini butuh perjuangan dikarenakan medan menuju objek wisata cukup sulit dijangkau, menanjak serta jalan yang berbelok belok dengan kanan kiri tebing yang lumayan curam. Air terjun Toyomerto terdiri dari 2 tingkat air dalam satu aliran yang jatuh dari tebing batu.

Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 25 dan 30 meter. Untuk tingkat pertama dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo Atas dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan tingkat kedua. Untuk tingkat kedua dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo Bawah. Air terjun Toyomerto berada di Dusun Toyomerto, Desa Pupus, Kecamatan Ngebel, sekitar 35 km dari pusat kota.

Alamat Air Terjun Toyomerto: Jl. Desa Toyo Marto, Krajan, Toyomarto, Singosari, Malang, Jawa Timur 65153 – Maps Lokasi
Jam Buka: 06.00 – 18.00

9. Air Terjun Coban Lawe

Air Terjun Coban Lawe merupakan salah satu pesona wisata air terjun yang berada di kabupaten ponorogo di bagian timur, Walaupun untuk bisa sampai ke lokasi air terjun
cukup lumayan sulit, namun tidak akan menyesal jika sudah sampai di lokasi air terjun.

Air terjun coban lawe dibagi menjadi 2 air terjun yaitu coban lawe 1 dan air terjun coban lawe 2, jika anda masih berminat datang ke lokasi yang masih sangat asri ini
anda bisa langsung datang ke desa krisik, kecamatan pudak, kabupaten ponorogo. sangat cocok buat wisata yang menantang dan saat ini belum cocok buat wisata bersama keluarga atau yang membawa anak. kecil

Alamat Air Terjun Coban Lawe: Desa Krisik, Pegunungan, Krisik, Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63482 – Maps Lokasi
Jam Buka: 24 Jam

10. Makam Bathoro Katong

Ponorogo tidak akan lepas dari nama Bathoro Katong, ya beliau merupakan pendiri kabupaten dengan kesenian khas reog ini, nama asli beliau adalah lembu kanigoro yang
merupakan putra brawijaya V , beliau di makamkan di sebelah timur kota ponorogo atau juga di kota lama. Bathoro katong merupakan pendiri Kabupaten Ponorogo dan juga sebagai Adipati pertama kabupaten Ponorogo. Bathoro Katong merupakan seorang utusan dari Kesultanan Demak guna menyebarkan Islam di Ponorogo.

Bila anda hendak berziarah bersama keluarga dan juga sahabat ke makam pendiri kabupaten ponorogo ini anda bisa langsung menuju ke Setono, Kecamatan jenangan, Kabupaten
Ponorogo.

Alamat Makam Bathoro Katong: Plampitan, Setono, Kec. Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63491 – Maps Lokasi

11. Wisata Watu Pecah Jonggol

Objek wisata watu pecah jonggol merupakan tempat wisata yang berada di atas bukit, jadi bila anda ingin menuju kelokasi maka anda harus agak sedikit mendaki, namun
pemandangan yang disajikan masih sangat bagus dan asri, karena merupakan taman wisata baru yang belum lama di temukan dan dikelola.

Dinamakan dengan watu pecah karena adanya sebuah batu besar yang mempunyai retakan ditengah tengahnya, serta ada juga bangunan rumah pohon, jembatan cinta, Taman bukit
Wakwaw dan masih ada lagi beberapa fasilitas yang disediakan. bila anda berminat anda bisa langsung menuju ke Desa Jonggol, Kecamatan Jambon, ponorogo.

Alamat Wisata Watu Pecah Jonggol Jambon: Karang Sengon, Sidoharjo, Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63456 – Maps Lokasi
Jam Buka: 24 Jam

12. Waduk bendo Ponorogo

Objek wisata baru di ponorogo, bernama waduk bendo yang merupakan waduk yang fungsi utamanya sebagai waduk pengairan atau sebagai irigasi persawahan masyarakat di
kabupaten ponorogo, namun oleh masyarakat sekitar ponorogo dijadikan objek wisata karena alamnya yang masih sangat asri dan alami. jalan menuju ke lokasi waduk pun
masih sangat banyak dengan pepohonan yang sangat rindang dan sejuk.

Bagi keluarga yang ingin mengisi akhir pekan di objek wisata waduk bendo bisa langsung menuju ke Desa ngindeng, kecamatan sawo, kabupaten ponorogo, jika mau mudah
akses menuju ke lokasi waduk bisa langsung melewati kecamatan mlarak.

Alamat Waduk bendo Ponorogo: Area Sawah, Ngindeng, Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63475 – Maps Lokasi
Jam Buka: 24 Jam

13. Watu Semaur

14. Gunung Beruk

15. Bukit Teletubbies

16. Air Terjun Midodaren

17. Gunung Gajah

18. Sunggah Water Fall

19. Gunung Bedes

20. Sendang Bulus Pager

Sebenarnya masih banyak sekali lokasi berlibur yang ada di sini, namun saat ini kami hanya akan membahas 25 Tempat Wisata di Ponorogo saja yang ada di kota reog. namun bila dari kawan ingin berbagi lokasi wisata yang ada di sini, kalian bisa menuliskan pada kolom komentar di bawah ya.(Rizqy Shewhite)