Objek wisata Di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah

Wisata Kabupaten Sragen – Sragen merupakan Kabupaten di jawa tengah yang berbatasan langsung dengan kabupaten Ngawi jawa timur, dan di sragen terdapat beberapa objek wisata yang cocok untuk di kunjungi bagi wisatawan. salah satunya yang paling fenomenal adalah kawasan sangiran yang merupakan lokasi yang ditemukannya fosil manusia purba serta binatang purba dan disekitarnya pula dibangun museum fosil sangiran.

Jika anda akan menuju kota sragen pun tidak akan terlalu sulit karena dilalui oleh jalan utama Yogyakarta – Jawa tengan menuju jawa timur, kali ini kami akan membahas objek wisata yang ada di kabupaten sragen dan mungkin anda tertarik dengan beberapa objek wisata yang ada di kabupaten paling timur provinsi jawa tengah ini.

1. Museum Fosil Sangiran

Sumber:sragenkab.go.id

Museum Fosil sangiran terletak di desa krikilan, kecamatan kalijambe, kabupaten Sragen, merupakan situs andalan kabupaten sragen, museum yang banyak menyimpan ribuan fosil purba, dan hingga saat ini sudah lebih dari 13,685 fosil yang berhasil ditemukan dan sekitar 2,931 diletakkan di museum fosil sangiran.

Bagi anda yang ingin melihat kelengkapan museum fosil sangiran anda tidak akan susah untuk menuju lokasi museum tersebut, jika anda tiba di bandara adi sumarmo anda bisa mengambil jalan darat langsung menuju lokasi museum, rutenya dari solo adalah solo – kalijambe langsung sangiran.

Museum Fosil Sangiran adalah tempat yang tempat cocok guna melakukan perjalanan kembali ke zaman masa pra sejarah. di museum sangiran akan banyak yang bisa dipelajari antara lain tentang kehidupan pra sejarah di masa lampau serta tentang terjadinya evolusi makhluk hidup yang sangat sangat menarik untuk diketahui.

2. Waduk Kedungombo Sragen

Sumber: sragenkab.go.id

Objek wisata waduk kedungombo merupakan objek wisata favorit di waktu senggang yang berada di kabupaten sragen, dan salah satunya juga masuk kabupaten boyolali dan grobogan, dengan luas sekitar 6.576 Hektar. bila di sragen lokasi waduk kedungombo berada di kecamatan sumberlawang atau sekitar 30 km dari kota sragen.

Di sekitaran waduk juga disediakan persewaan perahu motor yang digunakan untuk menikmati objek wisata, dan selain itu juga bisa melihat dan mengunjungi pulau pulau kecil yang bermunculan ditengah waduk akibat berkurangnya defisit air. bagi pengunjung yang suka memancing, anda juga bisa melakukannya, dan jika anda laparpun anda juga bisa memesan menu masakan berbahan dasar ikan air tawar.

Didekat wisata waduk kedungombo juga telah dibangun arena pacuan kuda bernama nyi ageng serang atau lebih tepatnya berjarak sekitar 1.5 km dari area waduk, berada tepatnya di desa ngargotirto, kecamatan sumberlawang, dengan panjang lintasan sekitar 600 meter.

3. Pemandian Air panas Bayanan

Sumber: sragenkab.go.id

Objek wisata pemandian alam air panas bayanan adalah salah satu tujuan favorit di kawasan kabupaten sragen, sama seperti pemandian panas yang ada di beberapa daerah menawarkan kesembuhan dari beberapa penyakit. misal penyakit yang bisa di sembuhkan antara lain rematik, gatal gatal dan masih banyak penyakit yang bisa di sembuhkan lainnya.

Di sekitar Pemandian air panas bayanan juga tidak menawarkan objek wisata pemandian namun juga menawarkan beberapa objek wisata semisal wisata alam pedesaan yang masih alami, selain itu juga disediakan kegiatan jelajah maupun berkemah di hutan karet.

Pemandian Air Panas Bayanan berada di sebelah tenggara dari kota Sragen atau tepatnya berada di Dusun Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. atau berjarak sekitar 17 kilometer.

4. Objek Wisata Gunung Kemukus atau Makam Pangeran Samudro

Sumber: sragenkab.go.id

Objek wisata gunung kemukus merupakan objek wisata religius yang berada di desa pendem, kecamatan sumberlawang. di objek wisata gunung kemukus terdapat beberapa bangunan utama berbentuk rumah joglo dengan dinding batu bata, serta disebelah makam terdapat sendang ontrowulan yang digunakan sebagai tempat bersuci R.Ay ontrowulan saat akan mengunjungi putranya yang sudah meninggal.

Untuk bisa sampai di area objek wisata, dari kota sragen dapat melanjutkan jalan menuju gunung kemukus dengan rute sragen-pungkruk-tanon-sumberlawang hingga gunung kemukus yang memerlukan waktu sekitar 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

80 Views

Wisata Terkait Apakah anda suka

error: Content is protected !!