Wisata Indonesia Surga Dunia

Kya Kya kembang jepun

Kya Kya kembang jepunKya-Kya kembang jepun adalah tempat yang dulunya sangat ramai sebagai pasar malam yang berada di kawasan pecinan di kota Surabaya. Di sepanjang jalan trotoar jalan kembang Jepun berdiri kios kios yang menjual berbagai makanan baik makanan Tionghoa, makanan Surabaya maupun berbagai makanan lainnya. Kata kya-kya diambil dari dialek bahasa Tionghoa yang berarti jalan-jalan.

Kya Kya Kembang Jepun dulunya adalah salah satu kawasan bisnis utama di kota Surabaya. Walaupun bukan menjadi kawasan utama, kawasan kya kya kembang jepun surabaya tetap menjadi salah satu pusat bisnis hingga sekarang. Kawasan Kya-Kya kembang jepun ini terkenal sebagai pusat perdagangan grosir, yang kemudian dikenal sebagai central business district I Kota Surabaya.

Kembang Jepun surabaya mempunyai akar sejarah yang sangat panjang, sepanjang perjalanan Kota Surabaya. Banyak pedagang dari pihak asing yang berlabuh di lokasi sekitar kembang jepun . perjalanan sejarah menorehkan garis membujur dari timur ke barat kota, Jalan Kembang Jepun. lurus dengan sungai Kalimas, jalan kembang jepun menjadi ikon Kota Surabaya yang silih berganti tampilan dengan membawa perannya.

Pada saat jaman Belanda, pemerintahan saat itu membagi kawasan menjadi dua kawasan yaitu Pecinan di selatan sungai Kalimas, kampung Arab dan Melayu di Utara kawasan sungai kalimas, dengan Jalan Kembang Jepun sebagai Batasnya. Bangsa Belanda sendiri tinggal di Barat Kalimas yang kemudian mendirikan komunitas “Eropa Kecil”.

Jalan Kembang Jepun dulunya dinamakan Handelstraat (handel berarti perdagangan dan straat yang berarti jalan), yang kemudian tumbuh sangat dinamis. Pada jaman pendudukan Jepang lah nama Kembang Jepun menjadi begitu terkenal, ketika banyak serdadu Jepang (Jepun) memiliki teman-teman wanita (kembang) di sekitar daerah ini. Pada era dimana banyak pedagang Tionghoa menjadi bagian dari napas dinamika Kembang Jepun, sebuah Gerbang kawasan yang bernuansa arsitektur Tionghoa pernah dibangun di sini. Banyak fasilitas hiburan didirikan.

Letak Kya Kya Kembang Jepun Surabaya berada di samping Jembatan Merah ataupun Jembatan Merah Plasa dan Juga Kya-Kya surabaya tidak Jauh dengan Kawasan wisata Religius Makam Sunan Ampel.

Artikel Pilihan