13 Tempat Wisata Unik Di Yogyakarta yang Harus anda Jelajahi


Pariwisata di Yogyakarta memang sudah terkenal sejak dahulu kala, baik saat zaman penjajahan hingga saat ini, banyak sekali objek wisata baru yang di kembangkan, baik wisata alam maupun wisata buatan yang banyak dikembangkan saat ini, baik wisata alam seperti laut, gunung dan masih banyak lagi.

Booking hotel murah secara online? mau jalan jalan dan liburan murah di Yogyakarta? Temukan berbagai promo dan diskon hingga 80% di sini.
>>PESAN DENGAN FASILITAS DAN DISKON HOTEL TERBAIK<<

Sebenarnya masih banyak lokasi wisata baru yang terus bermunculan di Yogyakarta, tapi kami hanya menampilkan 13 objek wisata yang menjadi primadona hingga saat ini dan terus di datangi oleh pengunjung lokal maupun pengunjung internasional.

1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Sumber:erawisata.com

Keraton Yogyakarta adalah salah satu objek wisata sejarah yang berada di Yogyakarta, lokasi keraton yang di pimpin oleh sultan Hamengkubuwono ini merupakan daerah khusus yang masih berdiri kokoh hingga saat ini, keraton Yogyakarta telah berdiri sejak tahun 1756M, dan tetap eksis hingga saat ini.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Wisata sejarah keraton Yogyakarta, anda tidak akan kerepotan untuk menuju lokasi, dikarenakan Keraton Yogyakarta berlokasi di tengah tengah pusat kota yogyakarta, berada di sebelah selatan dari Jalan Malioboro dan juga Gedung Agung Yogyakarta.

Bagi anda yang ingin melihat secara detail apa saja yang ada di dalam lingkungan keraton Yogyakarta anda bisa membeli tiket untuk masuk lokasi keraton, dan jika anda kebingungan, anda juga bisa menyewa jasa Guide, tentunya dengan tambahan biaya diluar dari tiket masuk.

Bangunan istana Keraton Yogyakarta memiliki tujuh kompleks inti yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan).

2. Pantai Parangtritis

Sumber:

Objek wisata Pantai Parangtritis merupakan pantai yang mempunyai hamparan pasir yang membentang luas, dan dengan ombak yang sangat besar juga, pantai yang satu ini tepatnya berada di kabupaten Bantul dan terletak sekitar 27 km kearah selatan kota yogyakarta.

Di kawasan Objek wisata Pantai Parangtritis, para wisatawan bisa berkeliling sekitar pantai dengan menyewa bendi dan dikemudikan oleh penduduk setempat. Selain terkenal sebagai tempat rekreasi, Tempat wisata Pantai Parangtritis juga merupakan tempat keramat.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai parangtritis, pengunjung tidak perlu mengeluarkan kocek yang banyak, karena tiket masuk lokasi pantai masih sangat murah dan juga sangat terjangkau.

3. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta
Sumber: erawisata.com

Taman Pintar Yogyakarta adalah sebuah bangunan yang berdiri bersama dengan beberapa taman buatan yang didalamnya terdapat taman yang lebih khusus sebagai taman bermain dan belajar tentang ilmu pengetahuan dan dibuat untuk anak anak.

Area Taman Pintar berdiri di tanah bekas eks kawasan Shopping Center maupun Pasar buah buahan, dan saat ini bangunan Shopping Center sendiri telah digeser kearah timur sedangkan pasar buah buahan sudah dipindah di sebelah barat terminal giwangan.

Area Lokasi Taman Pintar Yogyakarta berdekatan dengan beberapa Objek wisata populer di kota yogyakarta seperti, Jalan Malioboro, Benteng Vredeburg, Gedung Agung, Keraton Yogyakarta, Taman Sari dan Objek Wisata Lainnya.

4. Kebun Binatang Gembira Loka

gembiralokazoo.com

Kebun Binatang Gembira Loka dibangun saat pemerintahan sri sultan hamengku buwono ke 9 dan ide awal pembangunan kebun binatang adalah atas gagasan sri sultan HB VIII.

Bagi yang ingin mengenal lebih dekat dengan hewan yang ada di indonesia, anda bisa mengajak keluarga untuk melihat koleksi hewan yang ada di gembira loka zoo, karena saat ini kebun binatang di yogya ini koleksinya sudah lumayan lengkap.

Banyak sekali fasilitas dan atraksi yang disajikan oleh pengelola kebun binatang gembira loka ini antara lain: PERAHU KATAMARAN, SPEED BOAT, BUMPER BOAT, ATV, SKUTER AIR, BANANA BOAT ORCA, PERAHU KAYUH, TERAPI IKAN, KOLAM TANGKAP, ONTA TUNGGANG, GAJAH TUNGGANG, KOLAM SENTUH, NINEBOT, ZOO EXPRESS, PETTING ZOO, KANDANG UNTA TEMA TIMUR TENGAH dan selain itu masih banyak atraksi yang akan di sajikan buat para pengunjung.

5. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro
Sumber: erawisata.com

Jalan Malioboro saat ini sangat begitu terkenal di seluruh indonesia, jalan yang berada di kota yogyakarta ini langsung lurus menuju keraton Yogyakarta dan juga bisa langsung melihat kokohnya gunung merapi.

Keramaian Malioboro juga tidak lepas dari banyaknya para pedagang kaki lima yang tertata berjajar di sepanjang jalan Malioboro,mereka menjajakan dagangannya di pinggiran toko.

semuanya yang ditawarkan oleh para pedagang merupakan barang/benda yang kebanyakan khas Jogja dan rata rata benda benda yang cocok sebagai souvenir/oleh-oleh bagi para pengunjung. jadi kalo anda sedang jalan jalan ke jogja , tidak akan lengkap jika anda belum berkunjung ke Jalan Malioboro.

6. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
Sumber: Erawisata.com

Bagi anda yang biasa berjalan jalan ke lokasi jalan malioboro pasti anda akan melewati lokasi Benteng Vredeburg, karena lokasi Benteng ini berada di Jalan Ahmad Yani atau berada di sebelah selatan Jalan Malioboro dan juga bersebelahan dengan Gedung pemerintahan Gedung agung.

Benteng Vredeburg dibangun saat penjajahan belanda dan dibangun pada sekitar tahun 1765. dan benteng tersebut digunakan untuk mengawasi gerak gerik keraton Yogyakarta dan sekaligus sebagai benteng perlindungan.

Benteng Vredeburg dilengkapi dengan meriam yang diarahkan ke Bagian selatan yang langsung mengarah ke arah lokasi berdirinya Keraton Yogyakarta, Mengarahnya Meriam – meriam ini adalah guna mengantisipasi jika sewaktu waktu pasukan Keraton Yogyakarta maju menyerang.

7. Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta
Sumber: erawisata.com

Taman Sari Yogyakarta adalah Taman yang terletak diarea Keraton Yogyakarta, pembangunan Taman pemandian ini adalah dikhususkan untuk tempat pemandian putri Keraton. Taman sari sendiri pertama kali dibangun pada masa 1758 hingga tahun 1765 Masehi.

Area Pemandian Taman sari mempunyai luas area hingga 10 Hektar dan di area taman berdiri sekitar 57 bangunan yang berdiri kokoh hingga saat ini. pemandian Taman sari ini juga biasa di sebut dengan The Fragant Garden.

Taman Sari Yogyakarta dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono pertama dan yang menjadi arsitek Bangunan Taman Sari adalah Tumenggung Mangundipuro dan konon pembangunan Taman Sari Yogyakarta ditanggung oleh Bupati Madiun yang saat itu dijabat oleh Tumenggung Prawirosentiko.

8. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Sumber: Erawisata.com

Pantai Indrayanti merupakan Pantai yang masuk di kawasan kabupaten Gunung kidul Yogyakarta, pantai Indrayanti tepatnya berada di Kawasan Pantai Sundak kecamatan Tepus Gunung Kidul Yogyakarta.

Walaupun Pantai Indrayanti termasuk golongan pantai baru tapi pengunjung yang datang ke pantai tersebut sudah sangat ramai, apalagi bila waktu liburan tiba, bahkan jalan untuk menuju ke pantai Indrayanti bisa macet karena terlalu banyak pengunjung yang menuju ke pantai tersebut.

Saaat ini mungkin Pantai Indrayanti sudah sangat tertata rapi, karena sudah sangat lama kami tidak kesana lagi.

9. Taman Wisata Kaliurang

Jogjaspace.com

Taman Wisata kaliurang berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman Yogyakarta, jika berwisata ke yogyakarta terasa kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Taman wisata kaliurang . Taman Wisata kaliurang merupakan lokasi terbaik untuk dapat menikmati keindahan serta keelokan Gunung Merapi dari jarak terdekat dan pastinya dengan suasana alam yang asri nan sejuk.

Taman wisata Kaliurang terletak 29 km ke arah Utara dari Kota Yogyakarta, hanya dengan waktu tempuh 1 jam anda bisa menikmati keindahan gunung merapi. lokasinya pun berada diketinggian 900 Mdpl maka dari itu udara disekitar taman sangat sejuk dan cukup dingin.

10. Air Terjun Srigethuk

sri gethuk
Sumber: erawisata.com

Air Terjun Sri Gethuk merupakan Objek wisata Air Terjun yang baru di kenal akhir akhir ini, Air Terjun Srigethuk berada di Kabupaten Gunung Kidul,atau yang lebih tepatnya berada di Dusun Menggoran Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul,Yogyakarta.

Air Terjun Srigethuk Berjarak sekitar 41 km dari Kota Yogyakarta. Lokasi Objek wisata Air Terjun Sri Gethuk memang cukup terpencil sehingga Pengunjung akan susah mencari transportasi menuju ke Lokasi Objek wisata Air Terjun Srigethuk.

11. Goa Pindul

Goa Pindul
TripAdvisor.com

Goa Pindul atau bisa juga disebut dengan Gua Pindul merupakan sebuah obyek wisata alam susur Gua yang berada di bawah tanah, dengan adanya sebuah aliran sungai di sepanjang lorong gua, Goa Pindul merupakan salah satu objek wisata alam dengan kategori minat khusus yang berada di Gunung kidul Jogjakarta.

Untuk bisa menikmati keindahan obyek wisata Goa Pindul adalah dengan menyusuri lokasi goa dengan peralatan khusus yang disediakan oleh pengelola wisata, salah satunya dengan menggunakan ban dalam besar serta sebuah jaket pelampung, kami menyebut wisata ini dengan nama Cave Tubing Pindul.

12. Museum Monumen Yogya Kembali

Monjali
Sumber:erawisata.com

Museum Monumen Yogya Kembali,Monumen Jogja Kembali atau yang biasa di singkat dengan Monjali adalah sebuah Museum sejarah perjuangan bangsa indonesia yang berada di JL Lingkar Utara Jongkang, Nganglik Sleman Yogyakarta.

Museum ini dikelola Departemen Kebudayaan dan pariwisata. Museum Monumen Yogya Kembali mempunyai bentuk bangunan kerucut yang terdiri dari 3 Lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan dan juga ruang serbaguna.

Dan saat ini setiap malam hari, di luar lokasi museum terdapat wisata lampion yang sangat menarik hati.

13. Gedung Agung Yogyakarta

Sumber: Gedung agung

Istana Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan Gedung Agung Yogyakarta berada tepat di pusat kota yogyakarta,yang lebih tepatnya berada di Jalan Ahmad Yani atau juga masih satu jalan dengan Jalan Malioboro,Gedung agung yogyakarta berada di sebelah utara Keraton Yogyakarta,dan juga sebelah Barat dari Benteng Vredeburg .

Gedung agung berada di Kelurahan Ngupasan, Gondomanan, kota Yogyakarta, berada sebelah pojok dari 0 kilometer,Gedung Agung Yogyakarta berada pada ketinggian 120 m dari permukaan laut. Kompleks Gedung Agung menempati lahan seluas 43.585 m².